Text
PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ORANG DEWASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MAJELIS PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUBAROK PESANTREN KOTA KEDIRI
Al-Quran merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, yang
sudah tidak ada keraguan di dalamnya. Mengingat sangat pentingnya Al-Qur‟an
sebagai pedoman dan petunjuk hidup umat Islam, maka umat Islam harus mampu
membaca Al-Qur‟an dengan benar sesuai kaidah. Maka dari itu perlu diadakannya
pembelajaran Al-Qur‟an kepada semua umat Islam tanpa memandang usia. Dalam
proses pembelajaran membaca Al-Qur‟an diperlukan sebuah metode dalam upaya
pencapaian pembelajaran. Metode pembelajaran Al-Qur‟an di Indonesia sudah
berkembang dan sangat beragam. Dan salah satu metode tersebut adalah metode
Ummi. Metode Ummi merupakan metode yang mengenalkan cara membaca AlQur‟an
dengan
tartil
yang
hanya
menggunakan
1
lagu
yaitu
rost.
Pendekatan
yang
digunakan
dalam pembelajaran Al-Qur‟an metode Ummi adalah pendekatan
bahasa ibu, dan pada hakekatnya pendekatan bahasa Ibu itu ada 3 unsur: metode
langsung, diulang-ulang dan kasih sayang yang tulus. Fokus penelitian ini adalah
1. bagaimana penerapan metode Ummi pada orang dewasa di Majelis Pendidikan
Al-Qur‟an (MPA) Al-Mubarok 2. bagaimana materi metode Ummi pada orang
dewasa 3. bagaimana evaluasi metode Ummi pada orang dewasa di MPA AlMubarok
4. bagaimana hasil pembelajaran Al-Qur‟an selama menggunakan
metode Ummi di MPA Al-Mubarok.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk
mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode yaitu metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data,
penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
untuk pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan,
trianggulasi sumber dan teknik.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran
metode Ummi di Majelis ini meliputi 4 tahapan yaitu pembukaaan, apersepsi,
penanaman konsep dan drill serta do‟a penutup. Materi yang digunakan ada 3
yaitu jilid untuk anak-anak, jilid dewasa dan tingkatan Al-Qur‟an penambahan
tajwid dan ghorib. Evaluasi dilakukan setelah satu jilid telah usai dan pada
tingkatan Al-Qur‟an dilakukan setelah 1 surat selesai. Sedangkan hasil yang
diperoleh adalah kemampuan membaca Al-Qur‟an pada orang dewasa mengalami
peningkatan.
Tidak tersedia versi lain