Text
UPAYA PEMBINA KARYA ILMIAH REMAJA UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA MELALUI EKTRAKURIKULER KARYA ILMIAH REMAJA DI MTsN 4 KEDIRI
Kurikilum yang digunakan saat ini menggunakan kurikulum 2013 yang lebih
dikenal dengan pembelajaran scientific. Pendidikan Agama Islam menekankan
agar peserta didik lebih menggunakan akal untuk memahami setiap ajaran Islam
yang sedang dipelajari dengan pemikiran rasional. Perlu adanya kegiatan diluar
jam pelajaran seperti ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja di MTsN 4 Kediri,
untuk mendorong siswa lebih berpikiran kritis. Fokus penelitian yang akan diliti
yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja di MTsN 4
Kediri? 2) Bagaimana upaya pembina Karya Ilmiah Remaja untuk meningkatkan
critical thinking siswa di MTsN 4 Kediri ? 3) Bagaimana efektifitas Pembina
ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja dalam meningkatkan critical thinking siswa
di MTsN 4 Kediri ?
Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah
memperoleh data di lapangan, selanjutnya dilakukan analisis data untuk
mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi.
Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa 1) Pelaksanaan
ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja dilakukan hari Jum’at, khusus kelas VII dan
VIII dan fisilitas yang diberikan cukup memadai (wifi,kelas dan perpustakaan). 2)
Upaya yang dilakukan Pembina untuk meningkatkan critical thinking siswa ada
tiga diantaranya membaca, menulis karya tulis ilmiah dan study banding. 3)
Efektifitas Pembina Karya Ilmiah Remaja untuk mengingkatkan critical thingking
siswa di MTsN 4 Kediri menghasilkan siswa yang lebih terbuka terhadap kondisi
sekitar, memiliki keberanian dalam mengutarakan pendapat, mampu mencari
kebenaran secara langsung di lingkungannya, mampu membandingkan dari segala
hal, dapat menilai kebenaran dari informasi yang didapat, dan bisa menemukani
hal baru yang bisa dijadikan karya tulis ilmiah.
Tidak tersedia versi lain