Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pembiayaan Murabahah BMT Rahmat Semen Kediri
Pelayanan yang baik menjadi suatu keharusan yang dilakukan perusahaan
supaya mampu bertahan dan mewujudkan kepuasan pelanggan. BMT Rahmat
Semen Kediri berdiri sejak tahun 2003. Penelitian ini bermaksud untuk
mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di BMT Rahmat Semen Kediri dan
bagaimana kepuasan anggota BMT Rahmat Semen Kediri serta pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan anggota pembiayaan Murabahah BMT Rahmat
Semen Kediri.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber
penelitian data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan kepada 82 anggota dari
430 anggota pembiayaan muabahah BMT Rahmat Semen Kediri menggunakan
metode non random sampling berdasarkan hasil hitungan dari rumus Taro
Yamane. analisis dilakuakan dengan cara pengujian validitas dan reliabilitas, uji
asumsi klasik, analisis regresi regresi linier sederhana, analisis korelasi pearson
product moment, dan koefisien determinasi.
Pelayanan (X) di BMT Rahmat Semen Kediri berdasarkan indikator
keandalan, daya tanggap, kepastian atau jaminan, empati, dan bukti langsung atau
hal-hal yang terlibat temasuk kategori baik. Sedangkan kepuasan anggota (Y)
BMT Rahmat Semen Kediri berdasarkan indikator kualitas produk, kualitas
pelyanan, emosional, harga, dan biaya termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan
beberapa hasil analisis data yang dilakukan peneliti terhadap kedua variabel
diperoleh distribusi data yang berdistribusi normal. Dalam uji asumsi klasik tidak
terdapat masalah sehingga dapat dilakukan analisis regresi. Analisis regresi
sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 4,446 + 0,401x. Nilai signifikasi dari
tabel koefisian diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000
Tidak tersedia versi lain