Text
Perilaku Pedagang Ayam Potong di Pasar Pagu Ditinjau dari Etika Bisnis Islam
Dagang merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk kelangsungan perekonomian. Pasar menjadi tempat terpenting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Pasar bukan hanya sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli tetapi merupaan tempat berinteraksi sosial. Perilaku pedagang merupakan tingah laku seorang penjual kepada pembeli, bagaimana seorang pedagang kepada pembeli dalam transaksi jual-beli. Julah pedagang ayam potong yang berjualan di Pasar Pagu sebanyak 25 pedagang. Sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di Pasar Pagu dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu? 2. Bagaimana perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu ditinjau dari etika bisnis Islam?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu memberikan perlayanan yang terbaik untuk pembeli tanpa membeda-bedakan pembeli, namun pedagang tidak mengutamakan kualitas barang yang diberikan kepada pembelinya dan kurang terbuka dalam memberi informasi barang yang dijual. 2) perilaku pedagang ayam potong di Pasar Pagu ditinjau dari etika bisnis Islam terdapat perilaku pedagang yang belum dapat menerapkan etika bisnis Islam seperti taṭfῑf, tadlis, dan al-Ghashyi. Selain itu masih ada pedagang yang sudah menerapkan etika bisnis Islam sepertibersikap jujur, amanah, menepati janji, dan saling sukarela tanpa adanya paksan dalam transaksi jual beli.
Tidak tersedia versi lain