Text
Strategi Promosi PT. Pos Indonesia Cabang Kediri dalam menghadapi persaingan bisnis ekspedisi ditinjau dari Syariah Marketing.
Pada suatu usaha untuk mencapai kemenangan dibutuhkan sebuah strategi
sebagai panduan operasional. Sebuah perusahaan harus mempunyai strategi
promosi untuk menarik minat konsumen. Cara berbelanja masyarakat bergeser
dari pasar tradisional ke pasar modern dan kini memasuki era baru yaitu ecommerce
atau
perdangan
online.
Peran
jasa
pengiriman
begitu
besar,
hal
tersebut
yang
menyebabkan
perusahaan
pengiriman
barang
menjadi
banyak.
Penelitian
ini
bermaksud
untuk menganalisa strategi prmosi yang diterapkan ditinjau dari
syariah marketing dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana strategi
promosi PT. Pos Indonesia Cabang Kediri dalam menghadapi persaingan bisnis
ekspedisi. Bagaimana strategi promosi PT. Pos Indonesia dalam menghadapi
persaingan bisnis ekspedisi jika ditinjau dari syariah marketing.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis.
Sumber data penelitian kualitatif adalah primer dan sekunder. Metode
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu: reduksi data, paparan dan sajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa strategi promosi yang diterapkan
di PT. Pos Indonesia Cabang Kediri sudah dijalankan sesuai dengan syariah
marketing meskipun belum sepenuhnya. Yang belum sesuai dengan syariah
marketing seperti iklan pada website ada yang tidak sesuai dengan keadaan.
Sedangkan yang sudah sesuai dengan syariah marketing yaitu dalam pengundian
berhadiah tidak melakukan kecurangan dan hadiah yang akan diberikan sesuai
dengan yang dipromosikan. Media promosi tidak hanya digunakan untuk
mempromosikan produknya tetapi juga digunakan untuk melakukan
penggalangan dana bagi korban bancara alam. Menjaga hubungan baik dengan
pelanggan dan relasinya, berpenampilan bersih, rapi serta ramah dan sopan.
Tidak tersedia versi lain