Text
Strategi Pemasaran Produk Daur Ulang Sampah Plastik Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi Kasus Di Bank Sampah Sri Rejeki Kel. Campurejo Kec. Mojoroto Kota Kediri)
Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran. kebijakan dan
aturan yang memberikan arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan, pada
masing-masing tingkat dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai anggapan
dalam menghadapi persaingan yang selalu berubah. Untuk mengetahui potensi
ekonomi usaha daur ulang sampah, dapat dilihat dari strategi pemasarannya,
semakin bagus tingkat strateginya maka semakin tinggi pula daya saing dengan
perusahaan lain. Dalam prosesnya, usaha ini tidaklah selalu berjalan dengan
lancar, ada pasang surut yang dialami usaha daur ulang sampah. Meskipun
demikian, bank sampah Sri Rejeki tetap bertahan sampai saat ini, bahkan
pendapatannya pun mencapai 5-7 juta perbulan dan bahkan menguasai pasar
Kediri serta penjualannya juga mencapai ke luar kota. Oleh karena itu, penulis
tertarik untuk meneliti tentang bagaimana strategi pemasaran di bank sampah Sri
Rejeki di Desa Campurejo Kota Kediri; dan bagaimana strategi pemasaran bank
Sampah Sri Rejeki ditinjau dari syariah marketing.
Penelitian ini dilakukan di Bank Sampah Desa Campurejo Kota Kediri.
Untuk mendapatkan data yang valid dengan beberapa metode pengumpulan data
yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini
ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data
terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif
analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian, (1) Strategi pemasaran di bank sampah Sri Rejeki
sebagai berikut: a. Produk, adanya banyak variasi agar dapat menarik konsumen.
b. Harga, sesuai dengan harga pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhi
penetapan harga. c. Promosi, pemasaran langsung, komunikasi dari mulut ke
mulut dan mengikuti acara-acara terkait daur ulang. d. Distribusi, menggunakan
distribusi langsung dari produsen ke konsumen atau personal selling dan distribusi
tak langsung, melalui pemasar (reseller). (2) Ditinjau syariah marketing, bank
sampah Sri Rejeki belum sepenuhnya sesuai karena masih ada yang bertentangan
dengan etika syariah marketing.
Tidak tersedia versi lain