Text
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jamaah haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Zamzam Nganjuk
Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan
pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan
pelanggan. Sedangkan kepuasan adalah tanggapan pelanggan atas terpenuhinya
kebutuhan yang berarti bahwa penilaian pelanggan atas barang atau jasa
memberikan tingkat kenyamanan yang terkait dengan pemenuhan suatu
kebutuhan, termasuk pemenuhan kebutuhan yang tidak sesuai harapan atau
pemenuhan yang melebihi harapan pelanggan.
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada jamaah
haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Zamzam Nganjuk dan untuk
mengetahui kepuasan pelanggan pada jamaah haji Kelompok Bimbingan Ibadah
Haji (KBIH) Zamzam Nganjuk, serta untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jamaah haji Kelompok Bimbingan
Ibadah Haji (KBIH) Zamzam Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, analisis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis
regresi linier sederhana. Sedangkan sampel pada penelitian ini yakni 177
responden.
Berdasarkan penelitian kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan jamaah
haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Zamzam Nganjuk
dikategorikan cukup, berdasarkan rumus korelasi yang diperoleh nilai r 0,857 dan
nilai signifikasi 0,000 artinya hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan
pelanggan signifikan dan positif. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh
hasil dari pengaruh kualitas pelayanan sebesar 73,4% dan sisanya 26,6%
dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas produk, harga, biaya dan emosi. Hal
ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan cukup berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan jamaah haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Zamzam
Nganjuk.
Tidak tersedia versi lain