Text
Analisis strategi pemasaran selektif pada Bakso Klenger Mas Agus Kota Kediri ditinjau dari ekonomi Islam
Perkembangan dunia usaha dewasa ini, ditandai dengan makin tajamnya persaingan. Oleh karena itu, peranan pemasaran semakin penting dan merupakan ujung tombak setiap perusahaan. Di masa sekarang ini banyak sekali dalam dunia bisnis menggunakan teori-teori pemasaran yang berbeda-beda untuk mengindahkan syariah marketing. Di sini penulis mengadakan penelitian pada rumah makan Bakso Klenger Mas Agus Kediri. Strategi pemasaran yang digunakan oleh Bakso Klenger Mas Agus Kediri merupakan strategi yang jarang diterapkan oleh perusahaan lain. Strategi yang dipakai adalah strategi pemasaran selektif dengan memberikan layanan “Boleh Makan Gratis” bagi yang bernama “Agus” bahkan yang memiliki nama Agus dapat gratis seumur hidup. Selain itu, untuk konsumen yang berulang tahun pada hari itu bisa juga mendapatkan makan gratis di Bakso Klenger Mas Agus Kediri
Penelitian ini mengangkat rumusan masalah, yaitu bagaimana analisis strategi pemasaran selektif pada Bakso Klenger Mas Agus Kota Kediri dan bagaimana analisis strategi pemasaran selektif pada Bakso Klenger Mas Agus Kota Kediri ditinjau dari ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh melalui kegiatan wawancara dengan pimpinan rumah makan Bakso Klenger Mas Agus Kediri. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen data yang diperoleh dari pimpinan, karyawan dan pihak-pihak yang terkait dengan konteks penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) startegi pemasaran selektif pada Bakso Klenger Mas Agus yaitu segmentasi yang luas, targeting menyeluruh, serta positioning yang baik. Kemudian dalam mengelola produk mengutamakan kualitas. (2) strategi pemasaran selektif yang diterapkan Baso Klenger Mas Agus ditinjau Ekonomi Islam, yang di dalamnya terdapat dua teori yakni syariah marketing dan akad ijarah. Syariah marketing belum sepenuhnya mengamalkan karakteristik syariah marketing. Dan akad ijarah dalam pemasaran selektif jika dikaitkan dengan Ekonomi Islam mengenai hubungan ijarah dengan strategi pemasaran selektif yaitu Bakso Klenger Mas Agus telah menerapkan akad sesuai dengan ijarah, atau berhubungan dengan akad ijarah. Karena dari kedua belah pihak antara rumah makan Bakso Klenger Mas Agus dengan konsumen telah melaksanakan perjanjian atau akad atau transaksi tukar-menukar manfaat pada Bakso Klenger Mas Agus dengan imbalan makan gratis bagi konsumen yang bernama Agus dan yang berulanh tahun.
Tidak tersedia versi lain