Text
Strategi Marketing Mix di warung nasi pecel Bu Dharmo Jl. Banjaran Kel. Banjaran Kec. Kota Kediri untuk meningkatkan loyalitas konsumen ditinjau dari marketing syari`ah
Marketing Mix adalah perangkat variabel pemasaran yang terkombinasi (produk, harga, tempat dan promosi) untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pemasaran. Marketing Syari’ah dalah disiplin ilmu bisnis yang berdasarkan prinsip – prinsip muamalah dan akhlaq Rasulullah SAW. Loyalitas Konsumen adalah suatu ukuran keterkaitan pelanggan pada sebuah barang atau jasa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola, karyawan dan pelanggan Warung Pecel Bu Darmo Kel. Banjaran Kec. Kota Kediri. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan tiga jalur yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Warung Pecel Bu Darmo memiliki strategi marketing mix yaitu: strategi produk yang mempertahankan cita rasa dan ciri khas produk, strategi harga menetapkan harga sesuai dengan faktor internal dan eksternal, strategi tempat yaitu memberikan kenyamanan bagi konsumen dan mendesain denganinterior jawa yang mewah di warung barunya, dan strategi promosi yang memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, word of mount yang berjalan dengan sendirinya oleh konsumen yang loyal dan membuat fanspage di facebook walaupun belum maksimal. Dan strategi marketing mix yang dilakukan sesuai dengan marketing syari’ah, yaitu disiplin ilmu bisnis yang sesuai dengan muamalah walaupun tidak semua nilai marketing syari’ah direalisasikan. Baik dari karakteristik marketing syari’ah yaitu theisis, etis, realistis dan humanis. Akan tetapi belum sepenuhnya menjalankan karakteristik realistis karena belum memanfaatkan sosial media untuk promosi secara maksimal. Serta sesuai dengan nilai-nilai marketing syari’ah yaitu shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah.
Tidak tersedia versi lain