Text
Implementasi pemasaran ditinjau dari marketing syari`ah (studi kasus pada Home Industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kediri)
Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti pada fenomena yang
terjadi tentang meningkatnya persaingan pada home industri makanan. Terdapat
empat (4) home industri Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung,
kediri yaitu home industry Gethuk Pisang Baariklana, Gethuk Pisang Hidayah,
Gethuk Pisang Agung dan Gethuk Pisang Joker yang sampai saat ini berlomba-lomba
merebutkan konsumen dengan penerapan strategi masing-masing. Dari latar belakang
tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi pemasaran
home industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kediri?, 2)
bagaimana implementasi pemasaran home industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari,
Desa Krenceng, Kepung, Kediri ditinjau dari marketing syari‟ah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri
antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai sumber kunci, penelitian
ini bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Tahap terakhir yang akan dilakukan
yaitu pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan
peneliti, ketekunan penelitian, pengecekan atau diskusi sejawat dan trianggulasi.
Hasil penelitian, home industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa
Krenceng, Kepung, Kediri menerapkan segmentasi pasar, targeting, penerapan
marketing mix yang sesuai kemampuan perusahaan akan tetapi belum sepenuhnya
berjalan dengan maksimal, mengingat tempat pendistribusian yang masih terbatas,
penyediaan produk yang beraneka ukuran gethuk pisang, promosi hanya
menggunakan door to door dan penetapan harga disesuaikan dengan biaya bahan
baku serta ukuran gethuk pisang yang berbeda dan harga pasaran. Sedangkan ditinjau
perspektif marketing syari’ah bauran pemasaran yang dilakukan salah satu home
industry Gethuk Pisang di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kediri yaitu home
industry Gethuk Pisang Joker yang kurang maksimal dalam penerapannya ,
sedangkan ketiga home industry Gethuk Pisang sudah menerapkannya, syari’ah
marketing yang meliputi teitis (nilai ketuhanan), etis (etika), realistis (fleksibel) dan
humanisnis (universal), Ditambah lagi oleh pemasran dalam praktik Nabi Muhammad
SAW. Keduanya kurang maksimal karena dalam segi promosi pihak home industry
Gethuk Pisang Joker masih belum sepenuhnya menerapkan kejujuran yang mana
produk return diolah kembali dan menganti bungkus dengan yang baru.
Tidak tersedia versi lain