Text
Pengaruh Bullying terhadap Perilaku Belajar PAI siswa kelas XI SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang
Perilaku bullying dalam lingkungan sekolah telah menjadi hal yang
lumrah. Dengan beragam bentuknya seperti bullying fisik, bullying verbal, dan
bullying psikologis, memberikan dampak tersendiri bagi pelaku maupun
korbannya. Pelaku bullying akan merasa lebih mendominasi keadaan sosial dan
agresif, sedangkan pada korban akan memberikan rasa trauma untuk masuk kelas,
self esteem rendah, dan penurunan konsentrasi belajar, sehingga mempengaruhi
prestasi belajar korban. Bertolak dari latar belakang ini, maka diadakan penelitian
yang berjudul Pengaruh Bullying terhadap Perilaku Belajar PAI Siswa kelas XI
SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: 1) Bagaimana deskripsi mengenai bullying siswa kelas 11 SMK Bishri
Syansuri Denanyar Jombang ? 2) Bagaimana deskripsi mengenai perilaku belajar
siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang ? 3) Bagaimana
pengaruh bullying terhadap perilaku belajar PAI siswa kelas 11 SMK Bishri
Syansuri Denanyar Jombang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk
mengetahui gambaran umum bullying siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri
Denanyar Jombang. 2) Untuk mengetahui gambaran umum mengenai perilaku
belajar siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang. 3) Untuk
mengetahui Pengaruh perilaku bullying terhadap perilaku belajar PAI siswa kelas
11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif, yang menjadi populasi seluruh siswa kelas XI SMK Bishri Syansuri
yang berjumlah 28 siswa. Sampelnya adalah seluruh anggota populasi, dan teknik
pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampel jenuh. Dalam penelitian ini
menggunakan metode angket, dengan menerapkan skala likert (skala perilaku).
Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik uji analisis
regresi linier sederhana karena hanya satu variabel bebas dan satu variabel terikat.
Dalam penelitian ini, dihasilkan tiga temuan, yaitu: 1) Berdasarkan hasil
penelitian yang dianalisis menunjukkan diskripsi tingkat perlakuan bullying tiap
indikator sebagai berikut; a) bullying fisik pada tingkatan pernah dengan rata-rata
19,29. b) bullying verbal pada tingkatan jarang dengan rata-rata 6,96. c) bullying
psikologis pada tingkatan jarang dengan rata-rata 18,33. 2) Berdasarkan hasil
analisis diperoleh bahwa perilaku belajar siswa SMK Bishri Syansuri Denanyar
Jombang pada tingkat sedang dengan rata-rata 71,96 dan prosentase 41%. 3)
Berdasarkan pengujian hipotesis dengan mengunakan uji regresi linier sederhana
diperoleh nilai R hitung -0,535. Setelah dibandingkan ternyata R hitung > R tabel,
maka tolak H0 dan terima Ha. Dapat disimpulkan ada pengaruh negatif dan
signifikan antara bullying dengan perilaku belajar PAI siswa kelas XI SMK Bishri
Syansuri Denanyar Jombang.
Tidak tersedia versi lain