Text
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 KEDIRI
Prestasi Belajar adalah “penilian pendidikan tentang kemajuan murid dalam segala hal yang dipelajari di sekolah yang menyangkut pengetahuan atau ketrampilan yang dinyatakan dalam hasil penilian“. Guru Pendidikan Agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didikagar senantiasadapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: 1. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kediri. Dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri? dan 2. Apa faktor yang mendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri? dan 3. Apa faktor yang menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalammeningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenisnya adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri adalah: 1) Memberi motivasi siswa 2) Pembentukan karakter siswa.3) Menanamkan keimanan siswa. 2. Faktor yang mendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri adalah: 1) Tersedianya sarana dan prasarana serta fasilitas yang lengkap berbasis teknologi. 2) Input siswa berkualitas. 3) suasana kelas bersih dan nyaman.4. Faktor yang penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kediri adalah: 1) Adanya sebagian orang tua dari siswa yang kurang mengerti dan kurang perhatian dalam hal tugas pelajaran anaknya di sekolah. 2) Perlunya ketelitian dan harus selektif ketika menilai hasil tugas dari semua siswa. 3) Perlunya dana atau biaya.
Tidak tersedia versi lain