Text
Problematika Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Abdulloh Sukoanyar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018
Sejak kemerdekaan 1945, Indonesia telah mengalami sebelas kali perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum antara lain bertujuan untuk menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan masyarakat. Namun, setiap kali perubahan kurikulum dilakukan, selalu saja ada berbagai macam pro dan kontra yang menyangkut isi, kemasan kurikulum maupun kesiapan guru-guru dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Abdulloh Sukoanyar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018. Dari penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan tolak ukur dalam upaya meningkatkan keberhasilan dalam proses belajar dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam pelajaran SKI.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapaun teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara dengan subyek dan informan serta dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses dilaksanakan sampai kepada kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 sudah bisa bejalan, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, berupa observasi, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Tidak tersedia versi lain