Text
Pengaruh harga terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Lirboyo Kota Kediri
Rumah Sakit Lirboyo merupakan salah satu Rumah Sakit Islam di Kota Kediri. Rumah Sakit Lirboyo Kediri sendiri sudah berusia 12 tahun, tentunya sudah memiliki pengalaman dan sepak terjang mengenai dunia kesehatan. Jumlah pasien juga selalu meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah pasien tersebut dikarenakan harga yang ditawarkan Rumah Sakit Lirboyo Kediri lebih murah jika dibandingkan dengan rumah sakit lain di Kediri yang memiliki standart yang sama. Berangkat dari konteks ini, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana Harga di Rumah Sakit Lirboyo Kediri. Mengetahui bagaimana kepuasan pasien di Rumah Sakit Lirboyo Kediri serta ingin mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Lirboyo Kediri.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan pada 100 pasien Rumah Sakit Lirboyo Kediri. Analisis dilakukan dengan cara pengujian validitas dan realibilitas, deskriptif, asumsi klasik, korelasi, regresi, dan uji t.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel Harga (X) dan variabel kepuasan pasien (Y) valid dan reliabel. Tidak terdapat masalah klasik. Hasil uji kolerasi terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan donatur sebesar 0,631. dengan rumus regresi diperoleh persamaan Y = 13,886 + 0,641 X. Kesimpulanya Ha diterima artinya terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Lirboyo Kediri. Harga di Rumah Sakit Lirboyo Kediri dalam katagori baik. Sedangkan pasien Rumah Sakit Lirboyo Kediri dalam katagori baik serta memenuhi kriteria pasien yang puas yakni harga yang diperoleh sesuai dengan yang mereka harapkan. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa besarnya pengaruh harga sebesar 39,9% terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Lirboyo Kediri. Sedangkan sisanya 63,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh variabel bebas. Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan tidak hanya kualitas harga semata, tetapi juga kualitas produk, kualitas pelayanan, emosi dan biaya.
Tidak tersedia versi lain