Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GO-JEK (Studi pada Mahasiswa IAIN Kediri yang menjadi santri putri pondok pesantren Al-Amin)
Dunia usaha sekarang ini mengalami kemajuan seiring dengan kemajuan
teknologi. Seperti halnya Go-Jek. Kesuksesan dalam usaha salah satunya yakni
kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah
produk dirasakan (perceived) sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan.
Kualitas layanan adalah suatu cara kerja perusahaan yang berusaha mengadakan
perbaikan mutu secara terus menerus terhadap proses, produk dan servis yang
dihasilkan perusahaan. Dengan adanya kualitas pelayanan yang telah di berikan
perusahaan kepada konsumennya, maka kepuasan konsumen akan terjadi. Selain
kualitas layanan, harga juga mempengaruhi kepuasan konsumen. Harga adalah
jumlah nilai yang konsumen tukarkan untuk mendapatkan manfaat dari memiliki
atau menggunakan produk atau jasa.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kuaitas layanan (X
1
) dan
harga (X
2
) terhadap kepuasan konsumen (Y) Go-Jek pada mahasiswa IAIN Kediri
yang menjadi santri putri Pondok Pesantren Al-Amin. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi (sebab akibat), dimana populasi
pada penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Kediri yang menjadi santri putri Pondok
Pesantren Al-Amin yang menggunakan Go-Jek yang berjumlah 64 sehingga sampel
yang digunakan seluruh populasi karena jumlahnya kurang dari 100.
Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS16 yaitu hasil uji f
menunjukkan bahwa Ho ditolak yang artinya variabel kualitas layanan (X
1
) dan
harga (X
2
) berpengaruh secara silmutan terhadap kepuasan konsumen (Y) karena F
hitung = 12.640 > F tabel = 3,14 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil uji
t menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan (X
1
) berpengaruh secara parsial
terhadap kepuasan konsumen (Y) karena nilai yang didapat yaitu t hitung 2,056 > t
tabel 1,670 maka Ho ditolak, sedangkan variabel harga (X
2
) berpengaruh secara
parsial terhadap kepuasan konsumen (Y) karena nilai yang didapat yaitu t hitung
3,642 > t tabel 1,670 maka Ho ditolak. Sedangkan nilai hasil uji koefisien
determinasi sebesar nilai R Square sebesar 0,293 yang artinya pengaruh kualitas
layanan dan harga hanya mampu menjelaskan sebesar 29,3% terkait denga
kepuasan konsumen sedangkan sisanya 70,7% disebabkan oleh variabel lain yang
tidak dimasukan dalam penelitian ini seperti emosi, biaya, iklan dan lain-lain.
Tidak tersedia versi lain