Text
Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Kue Bolu Kering (Studi Kasus Loyalitas Konsumen Pada UD. Wahyu Jaya Kota Kediri)
Loyalitas konsumen merupakan komitmen konsumen untuk tetap
bertahan menggunakan layanan dari penyedia layanan secara konsisten dan dalam
waktu lama. Untuk mempengaruhi loyalitas konsumen produsen tidak bisa lepas
dari kualitas produk dan harga. Kualitas produk adalah kesesuaian produk dengan
kebutuhan pasar atau konsumen. Harga adalah sejumlah uang yang diberikan
untuk mendapatkan produk atau jasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen kue bolu kering
pada konsumen UD. Wahyu Jaya kota Kediri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif dengan menggunakan program SPSS V.21,0, data yang digunakan
adalah data primer. Data primer dari penelitian ini adalah penyebaran angket
kepada responden yang membeli kue bolu kering UD. Wahyu Jaya. Populasi
dalam penelitian ini adalah tak terhingga. Sampel ditentukan berdasarkan teknik
insidental sampling. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110
responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu
meliputi: uji validitas dan reabilitas instrument, uji asumsi klasik (uji normalitas,
uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), uji korelasi ganda,
regresi linier berganda, pengujian hipotesis, koefisien detreminasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X
1
)
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y). Hal ini dibuktikan
dengan hasil uji t dengan t
hitung
sebesar 4,960 dengan nilai signifikansi 0,000 <
0,05 maka H
1
diterima
.
Variabel
harga (X
2
) berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas konsumen (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan t
hitung
sebesar
t
hitung
3,411 = dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 maka H
2
diterima. Variabel
kualitas produk (X
1
) dan harga (X
2
) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen (Y). Hal ini dibuktikan dari hasil F
hitung
sebesar 28,968 dan nilai
probabilitas signifikansi sebesar 0,000. Nilai probabilitas signifikansi ini lebih
kecil dari nilai taraf signifikansi yaitu 0,05 maka H
3
diterima. Berdasarkan hasil
analisis koefisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa hasil besarnya pengaruh
kualitas produk (X
1
) dan harga (X
2
) sebesar 0,351 atau sebesar 35,1% terhadap
variabel loyalitas konsumen (Y). Sedangkan sisanya sebesar 64,9 % dipengaruhi
oleh variabel-variabel lain di luar penetelitian yang digunakan seperti kualitas
pelayanan, emosional dan biaya yang diberikan.
Tidak tersedia versi lain