Text
PENGARUH KETRAMPILAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII (Di MTsN 3 Kota Kediri)
Ketrampilan pengelolaan kelas merupakan usaha yang dilakukan oleh guru
untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis yang mengarah
pada penyiapan materi, sarana, alat peraga, dan pengaturan ruang belajar, guna
untuk mewujudkan situasi atau kondisi proses pembelajaran yang efektif.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana ketrampilan
pengelolaan kelas di MTsN 3 Kota Kediri ? 2. Bagaimana pembelajaran efektif di
MTsN 3 Kota Kediri ? 3. Apakah ada pengaruh ketrampilan pengelolaan kelas
terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas
VII ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana
ketrampilan pengelolaan kelas di MTsN 3 Kota Kediri. 2. Untuk mengetahui
bagaimana pembelajaran efektif di MTsN 3 Kota Kediri. 3. Untuk mengetahui
apakah ada pengaruh ketrampilan mengelola kelas terhadap pembelajaran efektif
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif.
Pengumpulan datanya menggunakan angket dan metode dokumentasi, sedangkan
analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana.
Dalam penelitian ini dihasilkan tiga temuan yaitu: 1. Pengelolaan kelas di
MTsN 3 Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk dalam
kategori tinggi, hal ini berdasarkan hasil perhitungan mean dari data variable x
tentang ketrampilan pengelolaan kelas diperoleh nilai Mx= 62,82 maka
berdasarkan table true score, ketrampilan pengelolaan kelas di MTsN 3 Kota
Kediri dapat digolongkan kedalam skor antara 55-66 yang dikategorikan tinggi. 2.
Pembelajaran efektif di MTsN 3 Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an
Hadits termasuk dalam kategori tinggi, hal ini berdasarkan hasil perhitungan mean
dari data variable y tentang pembelajaran efektif diperoleh nilai My= 73 maka
berdasarkan table true score, pembelajaran efektif di MTsN 3 Kota Kediri dapat
digolongkan kedalam skor 73-88 yang dikategorikan tinggi. 3. Terdapat pengaruh
positif antara ketrampilan pengelolaan kelas dengan pembelajaran efektif sebesar
93,1% dan sisanya 6,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar ketrampilan
pengelolaan kelas seperti ketrampilan mengadakan vaiasi, ketrampilan membuka
dan menutup pelajaran, ketrampilan membimbing diskusi dalam kelompok kecil,
keatrampilan menjelaskan materi, dan ketrampilan-ketrampilan lainnya.
Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh ketrampilan pengelolaan
kelas terhadap pembelajaran efektif adalah Y= -5,905+1,252.X.
Tidak tersedia versi lain