Text
STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ngimbang Lamongan)
Inti dari kegiatan di sekolah adalah proses belajar mengajar. Di lingkungan kelas, guru mempunyai peran yang penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Maka dengan demikian pengelolaan kelas menjadi satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan dari siswa dan proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam, 2) apa saja hambatan dari strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam, 3) bagaimana cara mengatasi hambatan pada strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI, siswa kelas VII dan VIII, Kepala Sekolah, Staf dan pihak-pihak terkait lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru PAI meliputi: a) pengelolaan lingkungan kelas, b) pengelolaan kondisi sosio emosional, c) pengelolaan kegiatan organisasional, d) pengelolaan administrasi teknik. Kegiatan tersebut dilakukan dengan baik dan membawa dampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa. 2) hambatan dari strategi pengelolaan kelas meliputi kurangnya kedisiplinan dari diri siswa serta kurangnya tanggung jawab siswa terhadap tugas. 3) upaya mengatasi hambatan dari strategi pengelolaan kelas adalah pemberian teguran dan melakukan kontrol kegiatan siswa, serta memberikan tugas individu dan tugas kelompok kepada siswa.
Tidak tersedia versi lain