Text
IMPLEMENTASI METODE JET TEMPUR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS QUR’AN SISWA DI MTsN 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Pokok pertama dalam Pendidikan Agama Islam pada dasarnya adalah al-
Qur’an. Sebagaimana pokok agama, al-Qur’an memegang peranan yang sangat
signifikan dalam pembentukan tingkah laku manusia atau pembentukan akhlak
yang mulia. Artinya bahwa seseorang akan melahirkan sebuah tata nilai yang
luhur dan mulia jika mengikuti sumber dari al-Qur’an. Implementasi dapat
diartikan aktivitas, aksi, tindakan atau mekanisme suatu sistem pembelajaran yang
digunakan untuk mencapai tujuan kompetensi baca tulis al-Qur’an. Fokus
penelitian ini adalah 1) bagaimana kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa MTsN
1 Kota Kediri, 2) bagaimana penerapan dan pembelajaran al-Qur’an dengan
metode jet tempur dalam meningkatkan baca tulis al-Qur’an siswa MTsN 1 Kota
Kediri, 3) apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran al-Qur’an dengan metode
jet tempur dalam meningkatkan baca tulis al-Qur’an siswa MTsN1 Kota Kediri.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah
deskriptif dan lokasi penelitian di MTsN 1 Kota Kediri. Adapun data yang
didapatkan berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu
dengan cara membuat gambaran yang sistematis dan faktual, dan analisisnya
dilakukan dengan metode deskriptif yang bersifat eksploratif. Metode deskriptif
adalah menggambarkan secara tepat sifat-sifatindividu, keadaan, gejala atau
menentukan ada tidaknya antara hubungan suatu gejala lain. paparan data atau
penyajian data (data display), dan terakhir adalah penarikan kesimpulan
(conclusion verifiying).
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) kemampuan baca tulis alQur’an
siswa MTsN 1 Kota Kediri adalah siswa MTsN sebagian sudah bisa
membaca dengan lancar hanya ada beberapa yang belum bisa. Maka dari itu
sekolahan mengadakan ekstra yang wajib di ikuti oleh siswa-siswi MTsN 1 Kota
Kediri. 2) penerapan dan pembelajaran al-Qur’an dengan metode jet tempur dalam
meningkatkan baca tulis al-Qur’an siswa MTsN 1 Kota Kediri adalah pelaksanaan
Metode Jet Tempur menggunakan macam-macam metode, yaitu: metode
mengajar secara umum yaitu santri membaca secara bersama tartil dengan
diarahkan ustadz. Merode mengajar secara khusus yaitu: sebagian wakru
digunakan ustadz untuk menerangkan pokok pelajaran secara terperinci. 3)
kelebihan dan kekurangan pembelajaran al-Qur’an dengan metode jet tempur
dalam meningkatkan baca tulis al-Qur’an siswa MTsN1 Kota Kediri adalah dalam
metode jet tempur terdapat kekurangan tetapi kelebihannya lebih banyak dan
bermanfaat hal tersebut didukung oleh data yang ada.
Tidak tersedia versi lain