Text
PERANAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAHAN TETEH IMAS SNACK BANDAR KIDUL KEDIRI
Di Era Globalisasi seperti sekarang ini, perubahan dapat terjadi begitu
cepat. Kemajuan cara berfikir dan cara pandang manusia adalah faktor yang
membuat perubahan itu terjadi. Faktor lainnya yang mendorong terjadinya
perubahan karena sesungguhnya manusia memang ingin selalu berkembang dalam
setiap memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan-perubahan yang harus
dilakukan oleh entrepreneur yang sukses didukung oleh teknologi yang selalu
hadir di tengah-tengah peradaban dunia. Teknologi sekarang telah menjadi trend
dan life style bagi manusia sebagai bentuk ekspresi kehidupan yang lebih baik.
Teknologi dalam bentuk apapun selalu berkembang pesat dan selalu membawa
manusia pada perubahan. Kemunculan jaringan internet sampai pada tahap
perkembangan saat ini telah banyak menarik minat dari semua generasi. Internet
membawa perekonomian dunia memasuki babak baru yang lebih populer dengan
Istilah digital economics atau ekonomi digital. Dengan fokus penelitian 1.
Pemanfaatan media sosial di Teteh Imas Snack Bandar Kidul kediri 2.
Perkembangan industri rumahan teteh Imas Snack Bandar Kidul Kediri dengan
memanfaatkan media sosial.
Dalam Penelitan ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang
menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting
karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penelitian di industri rumahan
Teteh Imas Snack . Prosedur pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi dengan sumber data yaitu pemilik industri rumahan
Teteh Imas Snack. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitan peranan Pemanfaatan Media Sosial dalam Pengembangan
Industri Rumahan Teteh Imas Snack Bandar Kidul Kediri ini bahwa industri
rumahan Teteh Imas Snack memiliki Strategi untuk pengembangan usaha yaitu
dengan memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan dan penjualan
produk. Dengan adanya media sosial industri rumahan mampu meningkatkan
penjualan, sehingga dapat mengembangkan usaha dapat dilihat dari meningkatnya
produksi dan peningkatan omset yang diperoleh, dengan angka kenaikan 30-50%.
Namun peningkatan penjualan tersebut tidak dapat mencapai 100% karena
industri rumahan Teteh Imas Snack masih jarang untuk melakukan update
informasi dengan frekuensi update mingguan bahkan bulanan. Tidak hanya
meningkatkan penjualan dengan adanya media sosial, industri rumahan Teteh
Imas Snack mampu untuk merekrut karyawan guna untuk membantu proses
produksi.