Text
Desain kurikulum perguruan tinggi : Mengacu kerangka kualifikasi nasional Indonesia
Saat ini hampir semua pendidikan tinggi mengalami "demam" KKNI. Pasalnya, terhitung sejak tahun ajaran 2016-2017 seluruh perguruan tinggi diharapkan telah menerapkan KKNI bidang Pendidikan Tinggi, mulai dari redesain kurikulum mengacu KKNI, lmplementasi kurikulum berbasis KKNI, penjaminan mutu internal setiap prodi, sampai pada penerbitan SKPI. Buku ini ditulis oleh pakar di bidangnya, yakni ketua tim Pengembangan KKNI di Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Pendis) Kemenag RI. Bahkan, buku ini juga disarikan dari berbagai pengalaman mengisi seminar dan workshop KKNI bidang Pendidikan Tinggi. Konsep yang diusung buku ini adalah spirit implementasi KKNI bidang Pendidikan Tinggi yang tidak sekadar mencetak tenaga kerja seperti yang selama ini dipahami sebagian besar Perguruan Tinggi, tetapi lebih pada menghasilkan lulusan yang mampu berkarya. Sebab, berkarya lebih menghargai cipta, rasa, dan karsa atas keunikan kompetensi lulusan yang bersifat pemikiran, intelektual, dan memiliki jiwa seni-estetika yang tinggi.