Text
PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH KAMAR INDEKOS DI KELURAHAN REJOMULYO (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2014)
Indekos adalah sebuah jasa yang menawarkan kamar untuk ditinggali dengan sejumlah pembayaran tertentu setiap periode (umumnya pembayaran dilakukan setiap bulan). Kata “kost” berasal dari bahasa belanda yakni in the kost. Definisi “In The Kost” adalah “makan didalam” apabila dijabarkan lebih lanjut dapat diartikan “tinggal dan ikut makan” didalam tempat tinggal. Indekos merupakan salah satu jasa yang ada di kelurahan Rejomulyo. Bisnis jasa ini memiliki pengaruh yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Rejomulyo. Terbukti dengan semakin meningkatnya pendapatan masyarakat mulai dari sebelum adanya indekos saat ini.
Calon mahasiswa terutama yang bukan asli penduduk dari kota perguruan tinggi berbeda, akan menemui masalah utama yaitu dimana mereka akan tinggal selama mereka belajar diperguruan tinggi tersebut. Setelah menemui masalah tersebut, maka mereka akan mulai mencari informasi tentang tempat tinggal sementara yang ada disekitar perguruan tinggi tersebut. Tempat tinggal adalah kebutuhan yang sangat penting karena ditempat tinggal mereka dapat beristirahat setelah melakukan proses kegiatan belajar selama dikampus ataupun setelah melakukan kegiatan lainnya.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif yakni berupa angka dan statistik. Sumber data dari penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2014 dengan sampel 89, pengambilan sampel dengan tabel isac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5 %. Hasil ini mengungkapkan bahwa variabel X1 (Faktor Pribadi), X2 (Faktor Referensi), dan Y (Keputusan Konsumen) berdistribusi normal, dilihat dari hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov yaitu Asmpy. Sign 0,301 > 0,05 (taraf signifikan). Dari analisis Korelasi Pearson Product Moment mengemukakan bahwa nilai r maka faktor pribadi dengan keputusan konsumen menunjukkan angka sebesar 0,628, angka ini menunjukkan adanya korelasi yang kuat. Kemudian faktor referensi dengan keputusan konsumen menunjukkan angka sebesar 0,593 angka ini menunjukkan adanya korelasi yang kuat. Sedangkan dari analisis menggunakan regresi linier berganda menghasilkan model persamaan : Y =17,876 +0, 331 X1 +0, 265 X2 . Berdasarkan hasil pengolahan data di atas nilai F hitung sebesar 17,876 sedangkan F tabel sebesar. Maka dapat disimpulkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (13,298 >). Hal tersebut menunjukkan variabel faktor pribadi dan faktor referensi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Maka dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel (>). Hal ini berarti bahwa faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Maka dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel (> ). Sedangkan variabel faktor referensi (X2) berpengaruh terhadap keputusan konsumen.
Berdasarkan analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai R2 yaitu sebesar Square) yaitu sebesar 0,435. Hal ini berarti 43,5 % keputusan konsumen dapat dijelaskan oleh faktor pribadi dan faktor referensi, sedangkan sisanya yaitu 56,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor kebudayaan, faktor psikologi,.
. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh faktor pribadi dan faktor referensi terhadap keputusan konsumen dalam memilih kamar indekos di kelurahan Rejomulyo pada mahasiswa ekonomi syariah IAIN Kediri angkatan 2014.
Tidak tersedia versi lain