Text
PENGARUH SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LAPTOP ACER (Studi Kasus Santri Putri Pondok Pesantren Al-Amien Kediri)
Saat ini, teknologi merupakan sesuatu yang digunakan untuk mempermudah atau membantu pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Dari tahun ketahun laptop semakin berkembang seiring berkembangnya teknologi juga sangat mempengaruhi perkembangan laptop saat ini. Ada beberapa brand produk laptop yang termasuk kategori terkenal dan terlaris di Indonesia. Salah satunya laptop Acer yang berhasil menyandang urutan pertama kategori tersebut. Hal ini menandakan para konsumen telah terpikat oleh produk laptop Acer. Banyak faktor yang mempengaruhi para konsumen untuk melakukan pembelian produk laptop Acer. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk laptop Acer di pondok pesantren Al-Amien Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Populasi pada penelitian ini adalah santri putrid di pondok pesantren Al-Amien dengan sampel sejumlah 52 santri diambil dengan teknik probability sampling. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara uji validitas, uji reliabiltas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji regresi sederhana, serta uji hipotesis yang meliputi uji f, uji t, dan uji koefisien determinasi yang menggunakan program SPSS versi 16.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap konsumen (X )dan variabel keputusan pembelian (Y) termasuk kategori cukup. Observasi menunjukkan bahwa kategori cukup disebabkan karena karakteristik setiap konsumen laptop Acer yang berbeda-beda. Pada uji korelasi, variabel sikap konsumen (X) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki pearson correlations ebesar 0,502. Sehingga sikap terhadap keputusan pembelian produk laptop Acer terdapat hubungan yang sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (0,01) < 0,05 kemudian untuk variabel sikapkonsumen (X) diperoleh thitung (4,106) > ttabel 1,298 maka H0 ditolak dan Ha diterima , artinya terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk laptop Acer di pondok pesantren Al-Amien Kediri. Analisis data menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan Y= 19, 763 + 0,742x. sehingga diperoleh hasil bahwa besarnya pengaruh sikap konsumen 0,252 atausebasar 25,2 % terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya jumlahnya 74,8 % dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial, pribadi, maupun faktor lain dari psikologis.
Tidak tersedia versi lain