Text
Peranan Pelayanan Dalam Meningkatan Pembiayaan di BPRS Tanmiya Artha Kediri
Pelayanan merupakan suatu hal penting yang harus diperhatikan oleh lembaga
keuangan syariah. Pelayanan yang diberikan menentukan eksistensi dari suatu
lembaga keuangan syariah, serta penilaian dari nasabah bahkan akan
mempengaruhi pemilihan nasabah dalam melakukan transaksi lebih lanjut pada
lembaga keuangan syariah. Lembaga keuangan syariah harus mampu menerapkan
pelayanan dengan sebaik mungkin agar kepercayaan nasabah semakin meningkat
pelayanan dalam Islam tidak hanya sebatas melayani, melainkan mengerti,
memahami juga merasakan.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana pelayanan di BPRS Tanmiya Artha Kediri?. 2)
Bagaimana pelayanan pembiayaan di BPRS Tanmiya Artha Kediri?. 3)
Bagaimana peranan pelayanan dalam meningkatkan pembiayaan di BPRS
Tanmiya Artha Kediri?. Tujuan Penelitian: 1)Untuk mengetahui pelayanan di BPRS
Tanmiya Artha Kediri.2) Untuk mengetahui pelayanan pembiayaan di BPRS Tanmiya
Artha Kediri. 3) Untuk mengetahiu peranan pelayanan dalam meningkatkan pembiayaan
di BPRS Tanmiya Artha Kediri.
Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu
berupa suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif atau berupa
ucapan tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi,
dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data pada penelitian kualitatif
dilakukan melalui pengaturan data secara logis dan sistematis, dan analisis data itu
dilakukan sejak awal peneliti terjun ke lokasi penelitian hingga pada akhir
penelitian (pengumpulan data). Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan
ketekunan pengamatan, triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa:1) Dalam kontribusi pelayanan terhadap
peningkatan pembiayaan pihak BPRS Tanmiya Artha Kediri ini melakukan
beberapa peranan yang berupa pembagian pelaksanaan tugas dalam mengatur
pembiayaan pada setiap tahapan-tahapan yang dilakukan secara benar, baik,
terencana, dan terorganisasi dengan rapi. 2) Dari pelayanan pembiayaan tersebut
menghasilkan kinerja yang baik pada setiap bagian-bagian pembiayaan dalam
menjalankan pembiayaan harus mencangkup bukti langsung, keandalan, daya
tanggap, jaminan, dan empati pada setiap trasnsaksi yang diinginkan oleh
nasabah. 3)pada proses pelayanannya BPRS Tanmiya Artha Kediri sudah
menjalankan pemenuhan pembiayaan terhadap nasabah akan terjamin dalam
kenyamanan, efisien dan serta mampu memberikan kontribusi secara Itqan( tepat,
terarah, jelas dan tuntas) dari setiap pelayanan yang diberikan.
Tidak tersedia versi lain