Text
PENGARUH PENGETAHUAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Di Pondok Pesantren Al Amin Kota Kediri)
Pengetahuan merupakan representasi kognitif dari produk, merk, dan
aspek-aspek lingkungan lainnya yang disimpan dalam ingatan. Motivasi dapat
diartikan sebagai pemberi daya penggerak yang menciptakan kegairahan
seseorang agar mereka mau bekerjasama, bekerja efektif, dan terintegrasi dengan
segala upayanya untuk mencapai kepuasan. Pengambilan keputusan konsumen
adalah proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk
mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif, dan memilih salah satu
diantaranya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui
pengetahuan santri menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah. (2) Untuk
mengetahui motivasi santri menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah
lembaga keuangan syariah.(3) Untuk mengetahui keputusan santri menjadi
nasabah di lembaga keuangan syariah. (4) Untuk mengetahui pengaruh
pengetahuan terhadap keputusan menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah
(5) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap keputusan menjadi nasabah di
lembaga keuangan syariah. (6) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan
motivasi terhadap keputusan menjadi nasabah di lembaga keuangan syariah
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh santri dengan tingkat pendidikan sebagai mahasiswa yang
mempunyai rekening di lembaga keuangan syariah sebanyak 65 santri. Sampel
yang digunakan yaitu seluruh populasi. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Peneliti
menganalisis data dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji
korelasi ganda, persamaan regresi berganda, uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengetahuan santri dengan rata-rata
(mean) senilai 15,63 berada pada kategori cukup. Motivasi dengan rata-rata
(mean) senilai 20,09 berada pada kategori cukup. Pengambilan keputusan santri
dengan rata-rata (mean) senilai 19,15 berada pada kategori cukup. Berdasarkan
pengujian hipotesis, nilai t
hitung
untuk variabel pengetahuan adalah 0,208 tidak
berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, nilai t
hitung
untuk variabel motivasi
adalah 5,176 motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan.
Pengetahuan dan motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan menjadi
nasabah. Pengujian hipotesis uji simultan, menghasilkan nilai F
hitung
yaitu
19.143. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan persamaan Y=
4,043+ 0,041X
1
+ 0,720X
2
. Dihasilkan nilai determinan sebesar 38,2%.
Tidak tersedia versi lain