Text
KUALITAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MENERBITKAN PERIZNANAN SIUP DI KOTA KEDIRI DITINJAU DARI ETIKA PELAYANAN ISLAM (Studi Kasus : Dinas Penanaman Modal dan PTSP kota Kediri)
Kualitas pelayanan merupakan suauutu hal yang perlu mendapatkan
perhatian utama dalam pemerintahan Daerah maupun pemerintah Kota.
Mengingat kualitas pelayanan berkaitan erat dengan masalah kepuasan mayarakat
yang merupakan tujuan dari di selenggarakannya PTSP (Pelayanan Terpadu Satu
Pintu). Dengan melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas pelayanan
kepada masyarakat pemohon, maka diharapkan dapat mempermudah dan
mempercepat pelayanan publik. Pelayanan yang diberikan akan menimbulkan
penilaian masyarakat, akan tetapi pelayanan yang ada pada Dinas Penanaman
Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu masih Kota Kediri ada beberapa yang
belum sesuai dengan harapan masyarakat. Dalam melakukan pelayanan
selayaknya dengan jalan yang sesuai dengan etika pelayanan Islam. Maka dari itu,
tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam
menerbitkan perizinan SIUP pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP di Kota
Kediri (2) Untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam menerbitkan perizinan
SIUP pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP di Kota Kediri Ditinjau dari Etika
Pelayanan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini diantaranya Kepala sub
bidang pelayanan, pegawai/customer service, dan masyarakat pemohon SIUP.
Tahap analisis yang peneliti lakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian masyarakat pemohon
terhadap kualitas pelayanan terpadu satu pintu dalam menerbitkan perizinan SIUP
di Kota Kediri adalah tentang tangible, competence, coutesy, communition sangat
baik. Penilaian masyarakat pemohon terhadap realiable, araesponsiveness,
credibilitas, security, acces sudah cukup baik. Penilaian masyarakat pemohon
terhadap understanding the customer kurang baik. Sedangkan kualitas pelayanan
terpadu satu pintu dalam menerbitkan perizinan siup di kota Kediri ditinjau dari
etika pelayanan Islam adalah sudah sesuai, walaupun pemerintahan dalam
memberikan pelayanan tidak mencari keuntungan seperti pelayanan jasa yang
pada umumnya, akan tetapi pelayanan disana terdapat pelayanan perizinan yang
dilakukan sesuai dengan etika pelayanan dalam Islam seperti fathanah, amanah,
dan tabligh.
Tidak tersedia versi lain