Text
PERAN PENGURUS PONDOK PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN KOTA KEDIRI
Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan non formal yang di dalamnya selain mempelajari kitab-kitab salaf juga mempelajari pelajaran formal. Karena dualisme tersebut, keduanya harus berjalan seimbang. Maka peran pengurus pondok pesantren sangat penting karena dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kualitas pendidikan santri. Berdasarkan fenomena tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kondisi semangat belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Ngasinan Kediri? 2. Bagaimana peran pengurus dalam meningkatkan semangat belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Ngasinan Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, serta ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Kondisi semangat belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Amin Ngasinan Kediri adalah: Kondisi semangat belajar para santri Putri Pondok Pesantren al-Amien dapat dikatakan baik namun juga beragam, mereka mempunyai cara dan kebiasaan belajar yang berbeda-beda. Ada yang memiliki keantusiasan dan semangat yang luar biasa, ada pula yang kurang memiliki semangat belajar karena mungkin mereka merasa jenuh dan lelah dengan penuhnya aktivitas. 2. Peran Pengurus untuk meningkatkan semangat belajar santri adalah: sebagai motivator, pendamping, pengontrol, pembimbing serta pengawas saat mereka malakukan proses belajar.
Tidak tersedia versi lain