Text
Sosiologi pendidikan : Analisis sosiologi tentang praksis pendidikan
Dalam buku ini Sosiologi Pendidikan didefinisikan sebagai anasilis sosiologi terhadap praksis pendidikan. Penguasaan teori dan konsep sosiologi yang kuat merupakan satu keniscayaan, dan dengan demikian, kelulusan dalam mata kuliah Teori Sosiologi merupakan prasyarat (prerequisite) untuk menempuh perkuliahan Sosiologi Pendidikan. Ternyata tidak selamanya demikian halnya, karena dengan penyajian uraian tentang teori dan konsep sosiologi yang relevan pada awal setiap pokok bahasan, seperti yang dilakukan sejak edisi I buku ini, perkuliahan prerequisite tersebut bisa diabaikan.
Buku ini memuat penjelasan tentang apa dan bagaimananya Sosiologi Pendidikan. Di sini dikemukakan juga model-model analisis Sosiologi Pendidikan yang menggambarkan bahwa pendidikan tampil beda dalam pandangan paradigma sosiologi yang berbeda. Dibicarakan juga tentang pendidikan sebagai pranata sosial yang saling mempengaruhi dengan pranata sosial lain dan dengan karakteristik sosial budaya masyarakat yang bersangkutan. Di sini dibicarakan juga hal-hal yang berkenaan dengan ‘pendidikan berbasis budaya’, budaya sekolah, budaya belajar, dan pendidikan pada masyarakat multikultural yang berubah dengan kecepatan tinggi. Diuraikan pula penyelenggaraan pendidikan melalui ketiga jalur atau lingkungannya: informal, formal dan nonformal. Pada bagian akhir perhatian difokuskan pada masalah-masalah pendidikan yang berkembang dan memerlukan perhatian serta pembahasan Sosiologi Pendidikan lebih lanjut.