Text
Perencanaan sistem pengajaran Bahasa Arab
Dalam perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab, paling tidak terdapat dua katagori sistem, yakni:(1) Pembelajaran sebagai sistem-meliputi:peserta didik, pendidik, materi, metode, eyaluasi); dan. (z) bahasa Arab sebagai sistem meliputi: berbagai aspek-kebahasaan seperti gramatika, percakapan, membaca, menulis, dan menerjemahkan. Pembelajaran bahasa Arab berarti pembelajaran aspek-aspek bahasa Arab, dan setiap aspek kebahasaan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri yang berbeda satu dengan lainnya. Selain itu, perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab disusun berdasarkan asumsi-asumsi dasar, prinsip-prinsip yang harus dipegang, dan dasar pemikiran operasional yang jelas dan capability. Asumsi dan prinsip dasar pembelajaran bahasa Arab tersebut terkait dengan hakikat pembelajaran yang sesungguhnya, misaln,ya siapa saja yang belajar, untuk apa mereka belajar, siapa yang seharusnya mengajar, kapan, di mana dan bagaimana strategi yang digunakan. Buku ajar ini rrienyajikan sistem dan prinsip-prinsip pengajaran bahasa Arab meliputi teori dan praktik. Disusun berdasarkan Silabus Mata Kuliah Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah. Penyusunan buku teks utama (textbook) ini ditatarbelakangi oleh karena langkanya referensi acuan mengenai Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab, khususnya yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Substansi isi buku ini antara lain meliputi topik utama bahasan mengenai: (1) Hakikat perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab, prinsip-prinsip dasarp, pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing, dan hakikat peserta didik; (z) Karakteristik pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing; (3) Perencanaan proses pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing; dan (4) Rancangan sistem pembelajaran keterampilan Bahasa Arab sebagai bahasa asing.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Metodologi pengajaran agama dan bahasa arab/ Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar | Cet. 1 | 0 |