Text
Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo Kota Kediri
Karakter berperan sebagai “kemudi” dan kekuatan sehingga bangsa ini tidak
terombang-ambing. Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadiat Lirboyo
merupakan pondok salaf yang menerapkan misi terwujudnya generasi islam yang
berakhlaqul karimah dan berilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pelaksanaan pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang ditanamkan, dan faktor
pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di
Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi
akan dianalisis dengan mereduksi data, display data, dan verifiaksi. Tahap akhir
mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, member
check dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) penanaman pendidikan karakter
di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri melalui
pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan kegiatan belajar
kelompok. 2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan yaitu nilai religius, jujur,
disiplin, bertanggung jawab, gemar mambaca, komunikatif, tawadhu‟ dan sopan
santun. 3) Faktor pendukungnya yaitu motivasi diri, tanggung jawab, pengajar
yang berkompeten, serta amanah yang diemban pondok pesantren, dan faktor
penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran diri, faktor usia santri, dan teman
pergaulan.
Tidak tersedia versi lain