Text
Studi komparasi sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan TPS (Think Pair Share) mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs Miftahul ‘Ulum Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pada zaman sekarang, aspek afektif yaitu sikap kerjasama siswa sering diabaikan. Guru memiliki peran penting dalam membentuk sikap kerjasama siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai, yaitu dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournamnet) dan TPS (Think Pair Share). Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perbedaan sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournamnet) dan TPS (Think Pair Share). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul ‘Ulum Kediri dan sampel penelitian ini yaitu kelas VIII B berjumlah 33 siswa dan VIII C berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan independent sampel t-test. Hasil penelitian ini yaitu, sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) tergolong tinggi dengan prosentase 75,8% dan rata-rata 65,97. Sikap kerjasama siswa yang menggunkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) tergolong sedang dengan prosentase 51,5% dan rata-rata 60,27. Terdapat perbedaan sikap kerjasama siswa yang menggunkan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan TPS (Think Pair Share), karena diperoleh thitung yaitu 3,163 > ttabel yaitu 2,037 dengan taraf signifikansi 5% yang artinya tolak Ho dan terima Ha. Hasil ini juga diperkuat dengan perbandingan nilai signifikansi dan taraf signifikansinya, yaitu 0,003 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain