Text
Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VIII MTsN 1 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018.
Siswa sebagai kaum terpelajar dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan
informasi terkini. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pembiasaan membaca yang
memadai. Salah satu unsur penunjang yang paling penting dalam dunia pendidikan
untuk mengembangkan minat membaca dikalangan siswa adalah keberadaan
sebuah perpustakaan disertai layanannya yang prima. Layanan yang diberikan
perpustakaan merupakan hal yang yang tidak boleh diabaikan oleh pustakawan
guna menumbuhkan minat siswa dalam membaca dan berkunjung ke perpustakaan.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan
terhadap minat baca siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2017/2018.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pelayanan
perpustakaan MTsN 1 Blitar?, 2) bagaimana minat baca siswa kelas VIII MTsN 1
Blitar tahun ajaran 2017/2018? dan 3) adakah pengaruh pelayanan perpustakaan
terhadap minat baca siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2017/2018?.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif yang bersifat
deskriptif. Sumber data dari penelitian berupa angket yang disebarkan kepada siswa
kelas VIII dengan teknik proportionate stratified random sampling, dokumentasi,
observasi dan wawancara. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 198 siswa
kelas VIII MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2017/2018. Analisis data yang digunakana
adalah analisis regresi linier sederhana.
Hail dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pelayanan perpustakaan
MTsN 1 Blitar berada pada kategori cukup dengan presentase 57,6%, 2) minat baca
siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2017/2018 berada pada kategori cukup
dengan presentase 48,5% dan 3) berdasarkan uji koefisien determinasi parsial yang
telah dilakukan, didapati nilai R
2
(R square) sebesar 0,113 artinya kemampuan
pelayanan perpustakaan mempengaruhi minat baca siswa adalah sebesar 11,3%
sedangkan sisanya yakni 88,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang
diteliti. Seperti faktor internal (pengaturan tata letak yang nyaman, dana pembinaan
minat baca, jumlah tenaga pengelola perpustakaan). Dan faktor eksternal yaitu
lingkungan dan keluarga.
Tidak tersedia versi lain