Text
Model Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Kandat.
Selain orang tua, dalam usaha peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak didik, tentunya tidak lepas dari tanggung jawab seorang guru. Membaca Al-Qur’an di SMP, berada pada mata pelajaran PAI, yang mana telah kita ketahui bersama, bahwasanya jam mata pelajaran PAI di sekolah umum lebih sedikit porsinya, jika dibandingkan dengan sekolah yang berbasis agama, seperti halnya MTs. Maka dari itu, dalam hal ini selain dibutuhkan kompetensi yang memadai sebagai guru PAI, dibutuhkan pula guru PAI yang dapat memberikan inovasi model pembelajaran yang nantinya diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan kemampuannya dalam membaca Al-Quran yang baik dan benar. Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah : 1) Bagaimana model pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPN 2 Kandat ? 2) Bagaimana hasil dari penerapan model pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPN 2 Kandat ?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis dari penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian, lalu menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, 1) Model pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPN 2 Kandat ialah dengan menggunakan a) model pembelajaran klasikal dengan menggunakan metode klasikal baca simak, b) model pembelajaran individual dengan menggunakan metode sorogan c) model pembelajaran cooperative learning dengan menggunakan metode tutor teman sebaya. 2) Hasil dari penerapan model pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an ini cukup membawa dampak positif terhadap siswa berupa bertambahnya kelancaran membaca dan pengetahuan siswa mengenai cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Keberhasilan penerapan model tersebut dapat dibuktikan dengan nilai tadarus alqur’an masing-masing anak yang mayoritas mengalami kenaikan baik itu dari semester ganjil maupun semester genap. Selain itu, keberhasilan tersebut juga dapat dilihat dari kefasihan siswa yang meningkat baik dalam aspek tajwid, makhorijul huruf serta kelancaran siswa saat membaca Al-Qur’an.
Tidak tersedia versi lain