Text
Pembentukan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siaga Bencana di SMAN 7 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kehidupan masyarakat sekarang ini bergeser menjadi lebih individualis.
Kebersamaan dan saling menolong dengan penuh ketulusan yang dahulu menjadi
ciri khas masyarakat kita semakin menghilang, kepedulian terhadap sesama pun
semakin menipis dan kurangnya informasi masyarakat dalam menghadapi
bencana yang berdampak pada keterlambatan dalam penanganan bencana.
Penelitian ini dengan fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana karakter peduli sosial
siswa di SMAN 7 Kediri?; 2) Bagaimanakah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
siaga bencana di SMAN 7 Kediri?; dan 3) Bagaimana implikasi kegiatan
ekstrakurikuler siaga bencana dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di
SMAN 7 Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Tahapan selanjutnya menganalisis data melalui
tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi
dari lapangan. Untuk mendapatkan keabsahan data, maka peneliti melakukan
langkah-langkah, yaitu: meningkatkan ketekunan, member check, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) karakter peduli sosial secara
keseluruhan di SMAN 7 Kediri bagus. Indikator bagus yaitu siswa-siswi sudah
memiliki karakter penuh kasih sayang, perhatian, kesantunan, rasa hormat,
kedermawanan, pandai berterima kasih, toleransi. Karakter yang terutama
diajarkan melalui kegiatan ekstra siaga bencana meliputi peduli dengan sesama,
gotong royong, empati, dan suka membantu; 2) kegiatan ekstrakurikuler siaga
bencana atau SIGABTA dilaksanakan di luar jam pelajaran setiap hari rabu.
Program ekstrakurikuler siaga bencana adalah pertemuan antar anggota
SIGABTA (pembelajaran tentang materi siaga bencana), mengadakan latihan
gabungan bersama sekolah lain (simulasi), mengadakan aksi sosial, dan
penempuhan Badge. Terdapat tahap-tahap dalam pembentukan karakter peduli
sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler siaga bencana di SMAN 7 Kediri, yaitu:
pengetahuan, keteladanan dan pembiasaan; 3) implikasi kegiatan ekstrakurikuler
siaga bencana dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di SMAN 7 Kediri
yaitu pengetahuan tentang kebencanaan, karakter peduli sosial tumbuh dan
keterampilan dalam pertolongan pertama dan mengevakuasi korban bencana.
Tidak tersedia versi lain