Text
Korelasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas XI Di SMAN 7 Kediri
Penelitian ini membahas tentang korelasi antara prestasi belajar
pendidikan agama Islam dengan perilaku keagamaan di SMAN 7 Kediri dengan
menjadikan seluruh siswa kelas XI sebagai objek penelitian. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh rumusan masalah apakah ada korelasi antara prestasi belajar
pendidikan agama Islam dengan perilaku keagamaan siswa serta bagaimana
perilaku keagamaan siswa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan
perilaku keagamaan terhadap Allah ataupun terhadap sesama makhluk.
Studi penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1)
bagaimanakah prestasi belajar pendidikan agama islam siswa di SMAN 7 Kediri,
(2) bagaimanakah perilaku keagamaan siswa (3) apakah ada korelasi antara
prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan perilaku keagamaan siswa di
SMAN 7 Kediri. Permasalahan tersebut di atas dibahas melalui sebuah penelitian
korelatif atau penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7
Kediri. Di dalam penelitian ini proses pengumpulan datanya diperoleh dengan
cara angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengggunakan pendekatan
rumus statistik product moment.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar pendidikan agama
Islam siswa kelas XI SMAN 7 Kediri secara umum cukup baik, ini dilihat dari
nilai yang terdapat dalam rapot siswa menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa
dengan kategori rata-rata baik. (2) Perilaku keagamaan siswa di SMAN 7 Kediri
cukup baik, perilaku yang ditunjukkan oleh anak seperti berdoa setiap
melaksanakan segala sesuatu, berbakti kepada orang tua dan perbuatan-perbuatan
yang sesuai dengan ajaran yang telah diterima dalam pembelajaran pendidikan
agama Islam. Data menunjukkan 99% siswa kategori perilaku keagamaannya
baik. (3) adanya korelasi yang sangat rendah (tidak signifikan) antara prestasi
belajar pendidikan agama Islam dengan perilaku keagamaan siswa. Ini dapat
dibuktikan dengan hasil penelitian yang meyatakan sig =0,109 dan koefisien
determinasi sebesar 1,1% yaitu korelasi positif. Sehingga diaktegorikan bahwa
preatasi belajar pendidikan agama sedikit (sangat rendah) berkorelasi dengan
perilaku keagamaan siswa dan banyak berkorelasi dengan beberapa faktor lain.
Tidak tersedia versi lain