Text
Efektivitas Peraturan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 6 Kota Kediri.
Kedisiplinan adalah suatu sikap yang taat dan patuh pada aturan yang
berlaku. dalam lembaga pendidikan terutama sekolah peraturan/tata tertib adalah
sebuah alat yang mana dengan adanya peraturan seluruh siswa dan juga warga
didalamnya dapat hidup disiplin. karena kedisiplinan sangan penting dalam
menjalani hidup, dan salah satu cara hidup sukses itu adalah dengan disiplin. pada
dasarnya setiap sekolah memiliki peraturan, dan bukan berarti ada pelaturan tidak
ada pelanggaran, justru adanya pelaturan akan ada pelanggaran, untuk berjalannya
suatu aturan maka dibutuhkan TIM keamanan atau TIM ketertiban dengan tujuan
untuk mengawasi dan menjalankan peraturan yang telah dibuat. penelitian ini
dimaksudkan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan peraturan sekolah di SMA
NEGERI 6 Kota Kediri 2) Efektivitas pelaksanaan peraturan sekolah dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA NEGERI 6 Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana
dengan penelitian ini peneliti akan menggambarkan tentang pelaksanaan peraturan
sekolah dan Efektivitas pelaksanaan peraturan sekolah dalam meningkatkan
kedisiplinan siswa. Dalam pengumpulan menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi analisis data juga dilakukan dengan membuat
gambaran secara sistematis melalui paparan data, tahap penyusunan dan penarikan
kesimpulan.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa 1). Pelaksanaan peraturan
sekolah di SMA NEGERI 6 Kota Kediri ini telah mengguanakan poin disetiap
pelanggaranya, dan ada juga hukuman secara langsung berupa membersihkan
halaman sekolah bagi siswa yang terlambat datang, dua kali terlambat datang
maka siswa harus membuat surat pernyataan yang akan ditanda tangani Siswa
sendiri, Orang Tua, Wali Kelas, Koordinator BK/Guru BK, Koordinator Tatib,
Waka Kesiswaan dan kepala sekolah. 2). Efektivitas pelaksanaan peraturan
sekolah dalam meningkatkan Kedisiplinan siswa di SMA NEGERI 6 Kota Kediri
ini berjalan dengan baik sesuai tata tertib yang telah disepakati, tetapi harus tetap
ditingkatkan karena masih ada siswa yang belum bisa mentaati peraturan seperti
datang terlambat, membawa kosmetik, memakai pakaian tidak sesuai, bolos jam
pelajaran atau bolos dari rumah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
efektivitas pelaksanaan ada yang efektif dan ada juga yang belum. Siswa yang
terkena hukuman atau siswa yang telah membuat surat pernyataan mereka
menyesal atas pelangaran yang telah mereka perbuat. Angka pelanggaran tertinggi
jatuh pada bulan Januari 2018 dan yang terendah jatuh pada bulan April 2018.
Tidak tersedia versi lain