Text
Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Sunsilk Hijab (Studi Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016)
Penggunaan Hijab oleh wanita muslimah di Indonesia mengalami peningkatan yang tinggi. Hal ini menyebabkan permasalahan rambut yang lebih kompleks seperti rambut berketombe, rontok, atau berminyak. Salah satu produk shampoo yang dikeluarkan oleh PT. Unilever Tbk Indonesia adalah Shampoo Sunsilk Hijab. Dalam memperkenalkan produk tersebut, PT. Unilever Tbk Indonesia menggunakan iklan yang menarik, sehingga membuat citra merek shampoo tersebut menjadi positif di kalangan masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi berjumlah 120 Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016 dengan sampel 89, yang diambil berdasarkan Tabel Isac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Iklan, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian berdistribusi normal, dilihat dari hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov yaitu Asmpy. Sign 0,301 > 0,05. Berdasarkan hasil Korelasi Pearson Product Moment, nilai r iklan dengan keputusan pembelian sebesar 0,628, menunjukkan adanya korelasi yang kuat. Kemudian citra merek dengan keputusan pembelian menunjukkan angka sebesar 0,593, hal ini berarti terdapat korelasi yang kuat. Sedangkan analisis regresi linier berganda menghasilkan model persamaan: Y =17,876 + 0, 331X1 + 0,265X2. Berdasarkan Uji F, nilai Fhitung sebesar 33,068 sedangkan Ftabel sebesar 3,95, dapat disimpulkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (33,068 > 3,95), yang menunjukkan variabel iklan dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada Uji t iklan thitung lebih besar dari ttabel (3,564 > 1,9876), berarti iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Uji t citra merek thitung lebih besar dari ttabel (2,462 > 1,9876), berarti citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis koefisien determinasi sebesar 0,435, yang berarti 43,5% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh iklan dan citra merek, sedangkan sisanya 56,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian shampo sunsilk hijab pada mahasisiwi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2016.
Tidak tersedia versi lain