Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Donatur Yatim Mandiri Kediri
Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap persepsi donatur yang berperan
menciptakan kepuasan donatur. Yatim Mandiri merupakan salah satu lembaga
amil zakat terbesar di Indonesia, sedangkan Yatim Mandiri Kediri sendiri sudah
berusia 10 tahun, tentunya sudah memiliki pengalaman dan sepak terjang dengan
donatur zakat terutama bidang kualitas pelayanan. Berangkat dari konteks ini,
maka peneliti ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di Yatim Mandiri
Kediri. Mengetahui bagaimana kepuasan donatur di di Yatim Mandiri Kediri
serta ingin mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
donatur di di Yatim Mandiri Kediri .
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber
data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan pada 98 donatur rutin Yatim
Mandiri Kediri. Analisis dilakukan dengan cara pengujian validitas dan
realibilitas, deskriptif, asumsi klasik, korelasi, regresi, dan uji t.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X)
dan variabel kepuasan donatur (Y) valid dan reliabel. Tidak terdapat masalah
klasik. Hasil uji kolerasi terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan
dan kepuasan donatur sebesar 0,511. dengan rumus regresi diperoleh persamaan Y
= 14,020 + 0,181 X. Kesimpulanya Ha diterima artinya terdapat pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan donatur di Yatim Mandiri Kediri. Kualitas
pelayanan Yatim Mandiri Kediri dalam katagori baik dan telah memenuhi kriteria
kualitas pelayanan yakni yakni bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya
tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Sedangkan
donatur Yatim Mandiri Kediri dalam katagori baik serta memenuhi kriteria
donatur yang puas yakni kemudahan memperoleh jasa dan merekomendasikan
kepada pihak lain. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa besarnya
pengaruh kualitas pelayanan sebesar 26,2%% terhadap kepuasan donatur Yatim
Mandiri Kediri. Sedangkan sisanya 73,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak dijelaskan oleh variabel bebas. Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan
tidak hanya kualitas pelayanan semata, tetapi juga kualitas produk, emosi, harga
dan biaya.
Tidak tersedia versi lain