Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Lembaga Terhadap Loyalitas Nasabah di BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) Sidogiri Cabang Sukorejo Blitar
Ketatnya persaingan lembaga keuangan, terutama dalam hal memperoleh dan
mempertahankan nasabah. Persaingan yang tinggi mengharuskan lembaga
keuangan memperhatikan pentingnya kualitas pelayanan sebagai upaya untuk
mempertahankan nasabah. Selain kualitas pelayanan citra lembaga juga sangat
mempengaruhi nasabah dalam pengambilan keputusan nasabah dalam menabung.
Citra merupakan seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki seseorang
terhadap suatu perusahaan. Citra yang positif di benak masyarakat serta pelayanan
yang memuaskan dapat meningkatkan kepuasan nasabah serta berpengaruh pada
loyalitas nasabah.
Populasi dalam penelitian ini adalah 411 nasabah Penabung BMT UGT
Sidogiri Cabang Sukorejo Blitar. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 118 nasabah Penabung BMT UGT Sidogiri Cabang Sukorejo Blitar.
Pengambilan jumlah sampel ditentukan dengan random sampling dan
menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variable kualitas pelayanan (X1),
citra lembaga (X2) dan loyalitas nasabah (Y) berdistribusi normal, dilihat dari hasil
uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov yaitu Asymp. Sig 0,432 > 0,05 (taraf
signifikan). Dari hasil uji simultan diketahui nilai sig 0,000 yang berarti nilai sig
0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa secara bersama-sama variabel kualitas
pelayanan dan citra lembaga berpengaruh terhadap loyalitas nasabah secara
signifikan. Sedangkan dari analisis menggunakan regresi menghasilkan model
persamaan Y = ,162 + 0,360 X
1
+ 0,341 X
2
dan berdasarkan analisis koefisien
determinasi menunjukkan nilai R
2
sebesar 0,61,9. Artinya variable kualitas
pelayanan dan citra lembaga mampu mempengaruhi loyalitas nasabah sebesar
61,9%. Sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas
atau diteliti dalam penelitian ini. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini Ha
diterima yang artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan citra lembaga
terhadap loyalitas nasabah di BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu) Sidogiri
Cabang Sukorejo Blitar.
Tidak tersedia versi lain