Text
Implementasi Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam dalam Aktivitas Jual Beli Online Ethica Collection Kediri
Bisnis online adalah bisnis yang terjadi di media elektronik, yang mana
transaksi jual beli tidak mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara
langsung atau saling menatap muka secara langsung, dengan menentukan ciri-ciri,
jenis barang, sedangkan untuk harganya dibayar terlebih dahulu baru diserahkan
barangnya. Ketidakhadiran pelaku jual beli secara langsung pada aktivitas jual
beli online mengakibatkan adanya kekhawatiran akan terjadinya penipuan pada
masyarakat dalam melakukan transaksi online. Praktik-praktik transaksi yang
merugikan masyarakat tersebut dikarenakan tidak diterapkannya etika dalam
berbisnis. Dalam menjalankan bisnis seharusnya perusahaan tidak lepas dengan
etika dalam berbisnis dan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam sebagai
pedoman dalam menjalankan bisnisnya.
Penelitian ini mengangkat rumusan permasalahan, yaitu bagaimana
implementasi nilai-nilai etika bisnis Islam dalam aktivitas jual beli online Eticha
Collection Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif.
Sumber data primer diperoleh dari wawancara kepada owner bisnis, karyawan,
dan customer, sedangkan sumber data sekunder berasal dari referensi terkait
konteks penelitian, yakni berasal dari dokumen dan data yang diperoleh dari
owner bisnis.
Hasil penelitian ini ini adalah pada aktivitas jual beli online Ethica
Collection, Ethica Collection berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada
customer, yakni dengan menjalankan bisnisnya menggunakan dan memperhatikan
prinsip syariah. Strategi yang digunakan mengandung beberapa aktivitas jual beli
online, yakni offer, response, processing, shipping, billing, dan customer service.
Akan tetapi bisnis online shop Ethica Collection, belum sepenuhnya menerapkan
prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam aktivitas jual belinya, yakni dalam proses
processing, shipping, dan billing. Sejalan dengan kesimpulan di atas, hal tersebut
dapat terlihat dari banyaknya keluhan yang dikeluhkan oleh para customer-nya,
seperti barang yang diterima oleh customer mengalami kecacatan fisik, size
barang yang tidak sesuai dengan pesanan, pengiriman barang yang terlambat, dan
pembatalan pemesanan sepihak dari Ethica Collection Kediri. Akan tetapi keluhan
tersebut selalu di follow up oleh Ethica Collection. Keluhan tersebut ada
dikarenakan kurang profesionalnya pelayanan sehingga dalam menyelesaikan
pekerjaan kurang maksimal dan dapat menimbulkan keluhan-keluhan yang
dirasakan oleh customer.
Tidak tersedia versi lain