Text
Dasar-dasar evaluasi pendidikan
Tolok ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi. Evaluasi pendidikan sering diartikan sebagai pengukuran atau penilaian hasil belajar-mengajar, padahal antara keduanya punya arti berbeda meskipun saling berhubungan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran (kuantitatif), sedangkan menilai berarti mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk (kualitatif). Adapun pengertian evaluasi meliputi keduanya.
Buku ini dihadirkan untuk membantu para guru atau calon guru dalam proses belajar-mengajar dan mengetahui hasil akhir yang dicapai dari kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, target atau tujuan pembelajaran akan diperoleh.
Penulisan buku ini bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada calon guru maupun para guru sebagai pedoman dalam bekerja.
Buku ini dilengkapi dengan pertanyaan untuk evaluasi di setiap akhir bab untuk mengarahkan konsentrasi pembaca pada beberapa pokok yang penting pada bab itu, sekaligus menghubungkannya dengan praktik.
Semoga tambahan dan beberapa perubahan pada buku Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua ini dapat membantu memperjelas pembaca dalam memahami konsep evaluasi khususnya evaluasi hasil belajar siswa.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan / Suharsimi Arikunto | 0 | |
Teknik evaluasi pendidikan/ oleh M. Chabib Thoha | Ed.1 Cet.3 | 0 |
Evaluasi Pendidikan/ Daryanto | Cet. 1 | 0 |
Evaluasi pendidikan : Prinsip dan operasionalnya | Cet. 2, Ed. 1, Cet. 8 | 0 |