Text
Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di MTsN Kandat Tahun Ajaran 2016/2017
Sekolah sebagai salah satu lingkungan pendidikan harus senantiasa memperhatikan kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Masalah kedisiplinan siswa menjadi sangat berarti bagi kemajuan sekolah. Hal ini diperlukan kerja keras dari berbagai pihak, terutama kepala sekolah yang sangat berperan dalam meningkatkan disiplin siswa. MTsN Kandat sebagai salah satu lembaga pendidikan juga ingin memberikan pembelajaran kedisiplinan mulai dini, yang mana harus ada suatu pemimpin yakni kepala sekolah yang mampu memberikan contoh dan mengarahkan para staf-staf dan tenaga kependidikan di MTsN Kandat untuk saling berkerjasama membantu meningkatkan disiplin siswa disekolah. Hal ini untuk mewujudkan visi misi MTsN Kandat yaitu beriman, berilmu, berakhlakul karimah, berperilaku islami dan mewujudkan budaya disiplin etika dan estetika.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa mentaati tata tertib di MTsN Kandat, 2. Mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa mengikuti proses belajar mengajar di MTsN Kandat, 3. Mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa mengikuti kegiatan keagamaan di MTsN Kandat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan studi kasus dengan pendekatan fenomenologi. Untuk menganalisis data melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data dan memberikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan Adapun peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan disiplin siswa adalah Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa mentaati tata tertib sekolah, kepala sekolah bersama guru memberikan contoh teladan kepada siswa dan memberikan kebijakan kepada guru BK dan tim tatib dalam penerapan hukuman dan pemberlakuan point pelanggaran. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa mengikuti proses belajar mengajar, kepala sekolah memberikan kebijakan kepada waka kurikulum untuk membuat jadwal piket KBM. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa mengikuti kegiatan keagamaan, kepala sekolah memberikan kebijakan kepada waka keagamaan untuk membuat absen disetiap progam keagamaan dan kepala sekolah memberikan kebijakan kepada guru SKUA mengevaluasi mata pelajaran SKUA.
Tidak tersedia versi lain