Text
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Kertosono
Dalam konteks suatu proses pembelajaran peran guru dalam meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran sangatlah menentukan. Selain itu, seorang guru juga dituntut harus mampu mengarahkan, membimbing, dan memberi fasilitas belajar pada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas, guru harus mendorong peserta didik untuk aktif dalam segala aspek. Adapun focus penelitian ini yaitu (1). Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam mencatat di SMP Negeri 4 Kertosono? (2). Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya di SMP Negeri 4 Kertosono? (3). Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam mendengar di SMP Negeri 4 Kertosono?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah: (1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam mencatat di SMP Negeri 4 Kertosono, adalah: a) Pemberian nilai atau reward pada siswa yang aktif, b) Menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, c) Memberikan tugas mengerjakan soal/ ulangan, d) Merangkum suatu bacaan, e) Memanfaatkan media pembelajaran sebagai alat peraga. (2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya di SMP Negeri 4 Kertosono, adalah: a) Siswa disuruh untuk berdiskusi kelompok, b) Menggunakan metode tanya jawab, c) Siswa disuruh membuat pertanyaan secara tertulis dan lisan, d) Siswa disuruh mempresentasikan hasil diskusi, e) Guru mempraktekkan metode Quis (tanya jawab). (3) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam mendengarkan di SMP Negeri 4 Kertosono, adalah: a) Guru menegur siswa yang ramai dalam kelas, b) Siswa menyampaikan kembali materi yang telah dijelaskan oleh guru, c) Mengkondisikan kelas agar siswa tetap fokus, d) Membangkitkan motivasi belajar siswa, e) Pemberian sanksi pada siswa yang ramai, f) Memberikan selingan cerita dan pertanyaan yang relevan dengan materi (Ic Breeker), g) Menarik minat siswa untuk mendengarkan penjelasan guru.
Tidak tersedia versi lain