Text
Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Nganjuk di Tanjunganom Nganjuk
Dukungan sosial adalah kenyamanan secara fisik dan psikologis yang diberikan oleh keluarga, teman atau lingkungan. Minat belajar adalah perasaan senang dan tertarik pada suatu obyek. Seorang yang berminat terhadap suatu aktifitas akan memperhatikan secara terus-menerus dengan rasa senang. Sehingga dapat dinyatakan bahwa dukungan sosial teman sebaya memiliki peran dalam perkembangan belajar siswa, sehingga dengan siapa siswa bergaul atau berteman bisa berpengaruh terhadap minat belajar yang dapat dimiliki siswa. Hal ini merupakan salah satu usaha yang bersifat preventif yaitu mencegah dari hal-hal yang akan menghambat kelancaran belajar, seperti bolos sekolah.
Atas dasar ini, maka dilakukan penelitian tentang Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Nganjuk di Tanjunganom Nganjuk. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana dukungan sosial teman sebaya di MTsN 2 Nganjuk?, (2) bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak?, dan (3) apakah ada pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap minat belajar siswa?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa di MTsN 2 Nganjuk yang berjumlah 260, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 155 siswa, instrument dan metode yang digunakan adalah angket, analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana.
Hasil yang didapat dari penelitian yaitu perhitungan hasil angket tentang dukungan sosial teman sebaya diperoleh hasil mean (rata-rata) sebesar 70,88 yang dapat digolongkan tinggi. Minat belajar diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 114,84 yang dapat digolongkan tinggi. Dan betuk persamaan regresinya adalah dukungan sosial = 47,373 + 0,199 x minat belajar. Output ini memperlihatkan Thitung yang berada pada garis minat belajar sebesar 4,065 ternyata lebih besar bila dibandingkan dengan Ttabel:0,025;153 sebesar 1,97 dengan signifikan 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Hal ini mengandung pengertian perubahan minat belajar siswa ditentukan oleh dukungan sosial teman sebaya.
Tidak tersedia versi lain