Text
Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa di MTsN Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017
Kedisiplinan merupakan suatu hal yang sangat esensial bagi kehidupan manusia. Kedisiplinan belajar siswa salah satunya, peran pentingnya untuk mendorong siswa untuk disiplin belajar agar hasil belajar maupun berprestasi belajarnya meningkat. Untuk itu penulis tertarik mendalami dan mencari tahu tentang Hubungan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa MTsN Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan rumusan masalah 1) Bagaimana kedisiplinan belajar siswa di MTsN Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017. 2) Bagaimana prestasi belajar siswa di MTsN Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017?. 3) Bagaimana hubungan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa di MTsN Kandat Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji teori dari Bambang Sumantri dosen tetap STKIP PGRI Ngawi tentang kedisiplinan belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi. Pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 181 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Analisis data statistik dengan rumus Korelasi Kendall’s Tau.
Berdasarkan hasil penelitian dengan pada perhitungan true score, untuk kedisiplinan belajar siswa diperoleh dengan rata-rata 73,48 dikategorikan sangat baik dan prestasi belajar siswa dengan rata-rata 3,2366 dikategorikan baik. Untuk mengetahui tingkat hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa di MTsN Kandat, digunakan rumus Korelasi Kendall’s Tau dengan hasil korelasi -0,096 dan nilai Asymp Sig (2-tailed) 0,064 > 0,05 yang berarti Hoditerima dan Ha ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa. Disiplin belajar siswa hanya memberikan konstribusi sebesar 0,92% terhadap prestasi belajar, 99,08% ditentukan oleh variabel lain.
Tidak tersedia versi lain