Text
Implementasi Metode TPS ( Think Pair Share ) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Iman Kepada Rasul Semester II Siswa Kelas VIII-A di MTsN Bandar Kidul Kediri 1 Tahun Ajaran 2015/2016
Pendidikan adalah proses pembinaan manusia secara jasmaniah dan rohaniah. Artinya, setiap upaya dan usaha untuk meningkatkan kecerdasan anak didik berkaitan dengan peningkatan kecerdasan inteligensi, emosi, dan kecerdasaan spiritualnya. Anak didik dilatih jasmaninya untuk terampil dan memiliki kemampuan atau keahlian profesional untuk bekal kehidupannya di masyarakat, terutama untuk diri dan keluarganya, dan untuk mencapai tujuan hidupnya di dunia dan di akhirat.
Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian tindakan kelas (PTK), sebab itu pendekatan yang dilakukan adalah melalui penelitian tindakan kelas. Maksudnya adalah dalam penelitian yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut mungkin berasal dari wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dokumen resmi lainnya, sehingga yang menjadi tujuan penelitian tindakan kelas adalah ingin menggambarkan realitas empirik dibalik fenomena yang ada secara mendalam, rinci dan tuntas.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode yang sesuai untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar yaitu menggunakan metode Think Pair Share. Tujuan peneliti menerapkan metode baru Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII-A Di MTsN Bandar Kidul 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016.
Metode Think Pair Share (TPS) adalah pembelajaran yang memberi siswa kesempatan untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain. Dalam hal ini guru sangat berperan penting untuk membimbing siswa melakukan diskusi sehingga tercipta proses bembelajaran yang aktif, kreatif dan efektif.
Hasil penelitian sebelum tindakan atau Pra Siklus yang masih menggunakan metode ceramah banyak siswa yang belum tuntas atau mendapatkan nilai di bawah KKM 78. Hasil nilai pra siklus 67,85%, siklus I 75%, siklus II 82,14%, dan siklus III 100% dengan menggunakan metode Think Pair Share nilai siswa banyak yang tuntas. Dan nilai prestasi siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus III.
Tidak tersedia versi lain