Text
Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kandangan
Kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah melalui program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Peran kepala sekolah merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan untuk memberikan bimbingan serta bantuan kepada guru untuk memperbaiki atau meningkatkan proses belajar mengajar. Sasaran akhir dari meningkatkan kinerja guru adalah menghasilkan lulusan yang berprestasi. Kepala sekolah harus mampu membimbing, menggerakkan dan mengarahkan anggota secara tepat, segala kegiatan yang ada dalam sekolah akan bisa terlaksana secara efektif. Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MAN Kandangan, 2) Bagaimana kompetensi profesional guru yang meliputi (konsep, struktur dan metode) di MAN Kandangan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang mana dapat dilakukan peneliti melalui wawancara dan pengumpulan data guna memperoleh informasi yang sesuai dengan kondisi objek. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan staf karyawan MAN Kandangan serta data tambahan yang berupa dokumen dan dokumentasi. Analisisnya dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : 1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MAN Kandangan : Usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu : mengikutsertakan pelatihan - pelatihan, diklat, wokshop dan seminar, mengefektifkan kegiatan MGMP. 2) Kompetensi profesional guru yang meliputi (konsep, struktur dan metode) di MAN Kandangan : terkait dengan kompetensi profesional guru, semua guru di MAN Kandangan sudah memenuhi kualifikasi akademik S1 dan sebagian sudah S2, mempersiapkan perangkat pembelajaran, mempersiapkan materi sebelum menyampaikan materi kepada siswa, menggunakan struktur mengajar sesuai dengan yang ada di RPP, penggunaan metode yang bervariasi tidak monoton.
Tidak tersedia versi lain