Text
Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Siswa di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Kediri
Al-Qur’an adalah pedoman dan tuntunan hidup umat Islam, baik sebagai individu maupun sebagai umat. Sebagai pedoman dan tuntunan hidup, Al-Qur’an diturunkan Allah SWT bukan hanya sekedar untuk dibaca secara tekstual, tetapi Al-Qur’an untuk dipahami, dihayati serta diamalkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Mengingat begitu pentingnya kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa, maka diperlukan adanya kesadaran dari pengelola sekolah, untuk memberikan bimbingan khusus kepada siswa-siswinya agar menguasai baca-tulis al-Qur’an. Karena dengan kemampuan membaca al-Qur’an tersebut, akan berpengaruh dalam pengamalan ajaran Islam yang dianutnya. Dalam hal ini, tentunya diperlukan kerjasama para guru untuk memberikan pengajaran materi yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, Maka dari itu, penulis mengambil penelitian tentang Implementasi Baca Tulis Al-Quran di SMA Negeri 4 Kota Kediri.
Penelitian ini mengkaji tentang “Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Siswa di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Kediri”. Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan menggu
Adapun alasan peneliti menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data diperoleh melalui dokumentasi, observasi dan wawancara dengan narasumber, kemudian data yang telah diperoleh dilakukan analisa dengan direduksi, dilakukan paparan data dan terakhir penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Siswa di Kelas X SMA Negeri 4 Kota Kediri dengan menggunakan Metode Iqro’ untuk tingkat dasar, Metode Al Barqi untuk tingkat menengah dan Metode Tilawah. Selain itu guru menggunakan metode bercerita, metode ceramah dan lain-lain untuk menguatkan metode dan menarik motivasi belajar. 2). Kurikulum dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 4 Kota Kediri belum terdokumentasi secara rapi akan tetapi proses kegiatan BTQ telah tertata dengan baik. 3). Evaluasi dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 4 Kota Kediri dilakukan oleh para pembina / Guru PAI dilakukan pada akhir sesi pembelajaran dan pada akhir semester, hasil evaluasi dicantumkan pada nilai ekstrakulikuler pada raport.
Tidak tersedia versi lain