Text
Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa di MTs Ma'arif NU Bacem Ponggok Blitar
Dekadensi Moral Adalah kemunduran ataukemrosotan moral yang dititik beratkan pada perilaku atau tingkahlaku, kepribadian dan sifat seseorang. Dalam hal ini, diperlukan strategi guru PAI untuk mengatasi kemerosotan moral tersebut.Tesis ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana tingkat dekadensi moral siswa di MTs Ma’arif NU Bacem Ponggok Blitar,danbagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa di MTs Ma’arif NU Bacem Ponggok Blitar.
Dalam tesis ini saya menggunakan penelitian kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Adapun data yang di dapatkan berasal dari tiga metode pengumpulan data yaitu dari hasil observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi, untuk pengeceka keabsahan data penulis menggunakan tehnik perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triagulasi dan analisis kasus.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Bentuk dekadensi moral siswa di MTs Ma’arif NU Bacem Ponggok Blitar ditandai dengan adanya siswa yang: melanggar peraturan, membentuk geng motor dan geng di sekolah serta meminum-minuman keras. 2) Strategi guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa adalah dengan menerapkan strategi keagamaan, strategi interaktif dan tidak langsung. Adapun cara yang di gunakan adalah ekstrakulikuler solawatan, pidato kecil, mengkaji kitab, baca tulis al-qur’an, memberikan tausiah pada siswa, memberikan bimbingan dan pembinaan keagamaan, memberikan motivasi pada siswa, memberi bimbingan dan pembinaan pada siswa yang bermasalah, mengawasi siswa, berkerjasama dengan orangtua, membuat grup whattsapp wali murid, mengagendakan home visit, guru PAI berkerjasama dengan guru matapelajaran lain, tim ketertiban, dan masyarakat, memberikan buku kendali siswa, membuat tataperaturan tambahan, konsekuensi tambahan pada siswa, membentuk tim sukses guru PAI, memantau siswa, memberi hukuman-hukuman, memberi arahan kedisiplinan.
Tidak tersedia versi lain