Text
Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidikan agama islam ( PAI ) di MAN Kota Blitar tahun ajaran 2016-2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara rinci mengenai peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI diMAN Kota Blitar tahun ajaran 2016/2017. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar?. 2) Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar?. 3) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar?. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar. 2) Untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar. 3) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan memfokuskan penelitian pada Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di MAN Kota Blitar. Adapun dalam memperoleh data penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada kepala madrasah, para guru PAI, serta beberapa siswa/siswi di MAN Kota Blitar. Jenis penelitian adalah studi kasus untuk menganalisis dilakukan melalui tiga jalur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, trigulasi, ketekunan pengamatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar sudah dapat dikatakan baik, mereka mampu melaksanakan aspek-aspek kompetensi pedagogik guru. 2) peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar dapat dilihat dari segi upaya dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan aspek-aspek kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kota Blitar. 3) strategi kepala madrasah diantaranya pengadaan rapat dan evaluasi secara periodik, mengikutsertakan guru PAI dalam berbagai kegiatan, pelaksanaan rancangan program kerja, pemberian motivasi.
Tidak tersedia versi lain